Wednesday, February 10, 2010

Pengertian Hosting & Domain

Untuk anda yang sedang belajar membuat website tentunya akan sering mendengar tentang hosting dan domain. itu wajib anda ketahui apabila anda ingin mempelajari seputar website.

Hosting / Webhosting 

Hosting / Webhosting adalah merupakan suatu media atau tempat yang digunakan untuk penyimpanan file-file website, untuk pengistilahan agar anda tidak bingung, hosting sama saja dengan hardisk yang ada di dalam komputer kita yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam file, sebagai contoh misalkan file-file website.

perbedaannya antara penyimpanan file-file website pada hosting dan hardisk adalah jika file-file website yang tersimpan pada hosting nantinya dapat  dilihat oleh semua orang yang  terkoneksi dengan internet, jika file-file website tersimpan pada hardisk maka hanya kita saja yang dapat melihat.

Untuk bisa menyimpan file-file website pada hositng maka kita harus menyewa webhosting, untuk menyewa webhosting ada yang berbayar dan gratis, tetapi lebih disarankan untuk menyewa hosting yang berbayar, karena dengan menyewa hosting yang berbayar maka kita akan diberikan hak akses penuh dan fasilitas yang lebih daripada hosting yang gratisan, terkadang hosting yang gratisan dapat kapan saja menghapus file-file kita tanpa kompromi/pemberitahuan terlebih dahulu, namanya juga gratisan :). untuk mendapatkan hosting yang berbayar berikut saya berikan beberapa referensi : Rumahweb, Masterweb, Apenta.

Biasanya lama penyewaan hosting pertama dimulai selama 1 (satu tahun) dan apabila habis sewa anda dapat memperpanjangnya kembali, diistilahkan sama saja seperti kontrak rumah gitu lah :), harga penyewaan hosting juga bervariasi disesuakan dengan berapa besar Kapasitas/ukuran hosting yang akan disewa. Kapasitas/ukuran hosting dibagi menjadi beberapa bagian disesuakan dengan berapa besarnya file-file yang nantinya akan disimpan sebagai contoh kapasitas/ukuran hosting adalah 10Mb, 20Mb, 30Mb dst.

 

Domain

Domain adalah penamaan pada sebuah website, sebagi contoh : www.hera-shop.com, www.duniabersama.com dll, yang berfungsi untuk mempermudah dalam menemukan atau mencari sebuah website. Domain nantinya akan memanggil file-file website yang tersimpan pada hosting.

Untuk mendapatkan Domain anda juga harus menyewa nama domain kepada website penyedia domain, sewa domain ada yang berbayar dan ada yang gratisan, namun disarankan lebih baik menyewa domain yang berbayar, karena nama domain kita akan lebih aman, jika menyewa pada penyedia domain yang gratis kadang nama website kita sulit untuk diakses dan sering mengalami masalah, berikut saya berikan beberapa alamat penyedia domain serta hosting yang berbayar Rumahweb, Masterweb, Apenta.

0 comments:

Post a Comment